Alamat Sekretariat : Jl. Ikan Dorang No.12 Kelurahan Mayangan - Kecamatan Mayangan - Kota Probolinggo - Jawa Timur 67218. Telpon : 085258870203

Pages

Selasa, 24 Maret 2015

Kelompok Pengolahan Hasil Laut Kota Probolinggo

Jaya Utama Kota Probolinggo


Boleh dibilang kelompok pengolahan hasil laut Jaya Utama merupakan salah satu UKM sejati yang cukup tangguh di Kota Probolinggo, yang mana UKM ini sudah sering merasakan jatuh bangunnya wirausahawan dalam menjalankan usahanya. Sebelum berdiri dengan pasti sebagai kelompok pengolahan hasil laut Jaya Utama - lebih dikenal usahanya di bidang pedagang ikan - yang terus eksis hingga sekarang, UKM ini sempat mencoba mencari jati diri mengenai bidang usaha apa yang paling pas untuk digeluti, dengan mencicipi bagaimana lika-liku menjalankan berbagai usaha lain, mulai dari menjadi nelayan tangkap yang kesehariannya mengarungi luasnya perairan laut, menjadi karyawan pabrik proses pengepakan ikan, hingga menjadi pedagang ikan.

Berdiri pasti pada tahun 2006 UKM yang di pelopori oleh Bpk. salamin dan Bpk. Farid ini masih belum fokus menggeluti proses pengolahan hasil laut sebagai bidang usahanya. Dimulai dari usaha pemiletan ikan, petis ikan, terasi udang, ikan kering, dan krupuk ikan. Hingga saat ini usaha yang terus bertahan adalah olahan hasil laut berupa rempeyek tulang ikan dan rambak kulit yang terbuat dari ikan punti.

Asal muasal berkecipung di usaha pengolahan hasil laut, ketika pak min dan pak farid panggilan akrab sang pelopor kelompok, melihat di daerah sekitar UKM terdapat warga yang ternyata memiliki keahlian membuat olahan hasil laut yang diantaranya adalah rempeyek ikan, krupuk ikan, rengginang ikan, petis ikan, dan olahan lainnya berbahan dasar ikan. Dari sinilah timbul gagasan untuk suatu kelompok pengolahan ikan tersebut. UKM yang beralamat di Jl. Ikan Dorang No 12 Mayangan ini mantap menambah usaha produksinya dengan pembuatan rempeyek tulang ikan dan rambak dari kulit ikan punti. Sistem kerja yang digunakan tidak murni untuk bisnis saja, akan tetapi lebih fokus untuk membantu perekonomian warga dan pengangguran sehingga sistem yang digunakan adalah sistem swadaya, dimana anggota kelompok diberi kesempatan untuk memproses dan menjual olahanya masing-masing untuk pasar yang di miliki, dan siap di butuhkan bila mana ada pameran dan pesanan pasar melalui kelompok pengolahan hasil laut Jaya Utama.
 
Di masa mendatang UKM ini akan terus meningkatkan usaha produksi dan memperluas pemasarannya. Dengan kiat menganalisis berbagai kendala, pasang surut usaha, serta meramu strategi bisnis dan kiat untuk maju dan berkembang, diharapkan membuat usaha ini semakin berhasil, baik itu untuk kepentingan bisnis sendiri maupun untuk membantu mengentaskan kemiskinan bagi masyarakat sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar